Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Himpunan Kelas VIID MTs Assyafi’iyah Gondang


ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII D MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Wakhidatunisyak, 2012, Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII D MTs Assyafi’iyah Gondang Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Jurusan tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dra. Umy Zahroh, M.Kes

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal Matematika

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa banyak siswa kelas VII D yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi himpunan yang mengakibatkan hasil belajar siswa kurang yakni, nilainya di bawah kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah.
Rumusan dalam penelitian ini adalah (1) bentuk kesalahan apa saja yang dilakukan siswa kelas VII D MTs Assyafi’iyah Gondang dalam menyelesaikan soal matematika materi himpunan? (2) faktor apa saja yang menjadi sebab siswa kelas VII D MTs Assyafi’iyah Gondang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi himpunan? (3) bagaimana upaya guru dan siswa kelas VII D MTs Assyafi’iyah Gondang mengatasi kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi himpunan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII D MTs Assyafi’iyah Gondang dalam menyelesaikan soal matematika materi himpunan, untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi sebab siswa kelas VII D MTs Assyafi’iyah Gondang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi himpunan dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dan siswa kelas VII D MTs assyafi’iyah Gondang dalam mengatasi kesalahan menyelesaikan soal matematika materi himpunan.
Data kesalahan siswa diperoleh dari hasil tes tertulis. Tes tertulis diberikan kepada siswa kelas VII D MTs Assyafi’iyah Gondang sejumlah 29 siswa dengan 5 butir soal yang dikerjakan dalam waktu 80 menit. Jawaban siswa yang salah diidentifikasi dan diklasifikasikan ke dalam jenis dan bentuk kesalahan. Setelah itu dipilih 9 siswa yang melakukan kesalahan untuk diwawancarai guna mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dan upaya untuk mengatasi kesalahan tersebut.
Dari analisis data ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kesalahan konseptual yang dilakukan siswa sebesar 33, 74 % yang meliputi kesalahan dalam menentukan daerah Qc dan salah dalam menentukan rumus untuk menjawab soal, (2) kesalahan prosedural yang dilakukan siswa sebesar 14,44% yang meliputi kesalahan dalam menghitung dan kurang menuliskan anggota himpunan diagram Venn, (3) faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain: siswa belum paham konsep himpunan, siswa tidak berani bertanya jika belum paham, siswa tidak rajin belajar, siswa tidak teliti, siswa merasa sulit dengan materi himpunan, siswa belajar sendiri tanpa didampingi orang yang lebih mengerti, dan siswa tidak meneliti kembali jawaban setelah selesai mengerjakan soal. Faktor eksternal antara lain: suasana kelas ramai, kurang perhatian dan motivasi dari orang tua, cara penyampaian guru yang kadang terlalu cepat sehingga siswa sulit mengikuti. Upaya yang sudah dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengatasi kesalahan tersebut antara lain, guru: menggunakan media pembelajaran, mengadakan pendekatan, memberikan reward, mengadakan program remidial dan memberikan driil, siswa: belajar lebih giat, memberanikan diri untuk bertanya, lebih teliti dalam mengerjakan soal, mempelajari kembali materi yang sudah dijelaskan oleh guru.


Wakhidatunisyak - Personal Name
KK T-2012 Wak TMT
371.8
Skripsi
Indonesia
STAIN Tulungagung
2012
Tulungagung
LOADING LIST...
LOADING LIST...