Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Langkapan Srengat Blitar Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Tahun 2011/2012


PENGARUH PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII
MTsN LANGKAPAN SRENGAT BLITAR PADA
MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI
DATAR TAHUN PELAJARAN
2011/2011
SKRIPSI

Handayani, Heni, 3214083057. Pengaruh Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Langkapan Srengat Blitar Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Tarbiyah, STAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Eni Setyowati.SPd.MM

Kata Kunci: Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar.

Persepsi siswa bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang kurang diminati karena dianggap pelajaran yang sangat sulit bagi siswa dan hanya sebagian siswa yang dapat menguasai, telah menjadi penyebab kurang berhasilnya pendidikan matematika. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam membuat permasalahan dan memecahkan permasalahan. Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran Snowball Throwing.
Pembelajan Snowball Throwing adalah proses pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk membuat soal dan mencari jawaban dengan melemparkan soal tersebut kepada kelompok lain kemudian kelompok yang mendapatkan soal wajib menjawab dan melemparkannya kembali kekelompok selanjutnya dan seterusnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Langkapan Srengat Blitar pada materi pokok bangun ruang sisi datar?.
Pola penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu, variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran Snowball Throwing. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Langkapan Srengat Blitar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN Langkapan Srengat Blitar yang berjumlah 154 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Cluster sampling yaitu untuk pengambilan sampelnya berdasarkan daerah populasinya yang telah ditetapkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar Mulai Tanggal 01-19 Mei 2012. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dengan teknik analisis t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Langkapan Srengat Blitar pada materi pokok bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2011/2012 dengan nilai t_hitung (4,273272)>t_tabel (5%= 1,67295), yang berarti bahwa nilai t_hitung lebih dari t_tabel pada taraf 5%, sedangkan besar pengaruh pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Langkapan Srengat Blitar pada materi pokok bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2011/2012 adalah 42,88128%.





Handayani, Heni - Personal Name
KK T-2012 Han TMT
371.3
Skripsi
Indonesia
STAIN Tulungagung
2012
Tulungagung
LOADING LIST...
LOADING LIST...