Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Tunggangri Tahun 2012/2013


Skripsi dengan judul “Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Tunggangri Tahun Ajaran 2012/2013” ini ditulis oleh Miftah Mursidatul Ulfa dibimbing oleh Sutopo, M.Pd.

Kata kunci: emotional quotient, spiritual quotient, prestasi belajar matematika.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam permasalahan yang dialami siswa dalam aktifitas belajar matematika. Permasalahan tersebut dapat berasal dari luar atau dalam diri siswa itu sendiri. Sehingga dibutuhkan karakter atau kepribadian yang cerdas untuk dapat menghadapi berbagai masalah yang dihadapi dalam aktifitas belajar. Emotional quotient dan spiritual quotient merupakan konsep mengenai bagaimana seseorang dapat meningkatkan kualitas kepribadiannya sehingga dapat mengatasi segala macam permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan keberadaan emotional quotient dan spiritual quotient seseorang akan mampu menghadapi dan mengatasi segala hambatan khususnya dalam belajar matematika. Sehingga pada gilirannya akan memberikan pengaruh pada kwalitas belajar dan prestasi belajar matematika yang diraih disekolah.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri? (2) Apakah ada pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri? (3) Apakah ada pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tungggangri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri. (2) Untuk mengetahui pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri. (3) Untuk mengetahui pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tungggangri.

Hasil penelitian ini bermanfaat untuk sekolah, guru, siswa serta pembaca secara umum. Manfaat untuk sekolah adalah dapat dijadikan rujukan dalam upaya meningkatkan perkembangan diri atau kepribadian, khususnya yang berkaitan dengan aspek emotional quotient dan spiritual quotient siswanya. Manfaat bagi guru adalah sebagai bahan kajian dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dikelas yaitu mengenai adanya pengaruh emotional quotient dan spiritual quotient terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menambah wawasan pembaca secara umum serta wujud pembangunan dalam arti luas.

Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket, dokumentasi serta observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang keberadaan emotional quotient dan spiritual quotient siswa MTsN Tunggangri yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai prestasi belajar matematika siswa, jumlah populasi, tata letak bangunan madrasah serta foto-foto penelitian.

Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan beberapa metode diatas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus korelasi product moment kemudian dilanjutkan analisis regresi. Pada rumusan masalah satu diperoleh nilai rhitung=0,79231 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan rtabel=0,334 pada taraf signifikansi 5%, Dengan demikian rhitung>rtabel akibatnya Ha yang diajukan diterima yaitu “Ada pengaruh emotional quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri tahun ajaran 2012/2013.” Pada rumusan masalah kedua diperoleh nilai rhitung=0,56549 sedangkan rtabel=0,334 pada taraf signifikansi 5%. Karena rhitung>rtabel maka Ha yang diajukan diterima sehingga “Ada pengaruh spiritual quotient terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Tungggangri tahun 2012/2013. Pada rumusan masalah ketiga diperoleh nilai Rhitung=0,84843 dan Rtabel=0,334 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga Rhitung>Rtabel akibatnya Ha yang diajukan diterima sehingga “Ada pengaruh emotional quotient dan spiritual quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tunggangri tahun 2012/2013”.






Ulfa, Miftah Mursidatul - Personal Name
KK T-2013 TMT Ulf
150
Skripsi
Indonesia
STAIN Tulungagung
2013
Tulungagung
LOADING LIST...
LOADING LIST...